Tips Investasi di Peer To Peer Lending (P2P) Agar Untung Berlipat

Peer-to-peer Lending atau Pinjaman P2P merupakan skema pinjaman melalui platform online. Cara kerjanya, pemberi pinjaman dan peminjam dipertemukan secara langsung dalam platform tanpa melalui perantaraan bank. Dilihat dari kacamata ekonomi, P2P lending merupakan peluang investasi yang menarik, sebab suku bunga yang didapatkan lebih tinggi jika dibanding jenis pinjaman lainya.

Ini tentu sangat menguntungkan bagi investor. Disisi lain peminjam dimudahkan dengan persyaratan yang lebih mudah dan tanpa perlu memberikan jaminan. Tak salah bila kemudian banyak yang ingin p2p lending investasi. Tapi sebelum itu, pahami dulu beberapa tip investasi peer to peer lending (P2P) berikut ini:

1. Mulai Sekarang

Kalau kamu masih menimbang-nimbang kapan waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi, maka sekaranglah waktu yang tepat. Sejak bulan September tahun 2017 lalu, RBI mengeluarkan mandat agar semua platform pinjaman P2P didaftarkan sebagai perusahaan keuangan non perbankan. Seperangkat pedoman terkait platform ini juga telah diterbitkan.

Industri P2P lending sendiri secara global bernilai $ 3,5 miliar pada tahun 2013. Pada tahun 2015 meningkat menjadi $ 64 miliar. Dan diperkirakan di tahun 2050 mendatang nilainya mencapai hampir $ 1 triliun.

Kini, investasi P2P lending bukan hanya lebih aman tapi juga menjanjikan. Jadi, daripada membiarkan uangmu menganggur di bank, lebih baik digunakan untuk investasi P2P Lending. Uang yang sekedar disimpan di bank atau dimanapun tidak akan menghasilkan apa-apa, malah nilainya semakin hari akan semakin turun.

Namun dengan invesatasi P2P Lending, kamu mendapatkan pedapatan tambahan dari bunga yang dihasilkan.  Semakin cepat kamu menginvestasikannya, semakin cepat pula kamu mendapatkan penghasilan tambahan dari bunga yang dihasilkan.

2. Cari Platform Yang Punya Rekam Jejak

Platform peer to peer lending Indonesia terbaik memang terhitung masih baru. Sehingga platform baru banyak bermunculan. Tapi kalau kamu baru mau memulai, lebih baik untuk memilih platform yang setidaknya telah beroprasi selama 1 sampai 2 tahun.

Dengan memiliki platform yang telah memiliki pengalaman oprasi, minimal kamu bisa melihat rekam jejak kinerja perusahaan tersebut. Bukan hanya sekedar proyeksi atau perkiraan.

Memang kinerja perusahaan di masa lalu tidak menjamin hasil yang bisa didapatkan di masa depan. Tapi setidaknya perusahaan ini telah teruji dan berhasil menjalankan pinjaman P2P dengan cukup baik, sehingga bisa bertahan.

Platform yang sudah berjalan juga minimal telah menghilangkan kelemahan yang ditemukan dalam operasional, serta memperbaiki bug IT yang mungkin muncul ketika pertama kali memulai operasi platform P2P lending ini.

3. Layanan Pelanggan Platform P2P Lending

Perusahaan yang handal selalu memiliki layanan pelanggan (costumer service) yang baik. Dengan demikian hubungan perusahaan dengan pelanggan terjaga dengan baik. Tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan perusahaan juga maksimal. Hal ini juga berlaku pada perusahaan P2P lending.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa memeriksa facebook, twitter, instagram, atau atau media sosial resmi platform tersebut. Perhatikan seberapa cepat respon mereka dalam menjawab pertanyaan atau keluhan pelanggan.

Kamu juga bisa mengeceknya dengan mengajukan pertanyaan lewat media sosial platform tersebut, atau mencoba mengontak layanan pelanggannya.  Perhatikan pula bagaimana mereka merespon dan menjawab. Seberapa baik solusi yang mereka tawarkan atas keluhan yang disampaikan.

Hal ini bisa memberi kamu sedikit wawasan terkait bagaimana perusahaan memperlakukan bisnis dan pelanggannya. Jika pelayanannya buruk, ada baiknya kamu berpikir ulang untuk berinvestasi melalui platform tersebut.

Nah itulah beberapa tip investasi peer to peer lending melalui platfom online yang sakarang ini semakin banyak diminati. Dengan berkurangnya bank sebagai perantara, tidak adanya pajak yang dikenakan, serta rendahnya biaya administrasi yang terlibat menyebabkan investor bisa mendapatkan suku bunga pinjaman yang lebih tinggi. Jadi tunggu apalagi. Lirik platform p2p lending teraman yang andal, pahami cara kerjanya, lakukan riset mandiri, dan mulailah berinvestasi! Semoga bermanfaat.